Facebook Gue

Senin, 10 Oktober 2011

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KOLEKSI
Oleh:
Mustamir Arifin (09422017)
Reza Septiani (09422022 )








Dosen pembimbing:
Herlinan SAg. SS. M.Hum





Jurusan Ilmu perpustakaan Fakultas Adab
Institut agama islam negeri raden fatah
Palembang
2011 


PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KOLEKSI

A.    Pengertian Pembinaan Dan Pengembangan Koleksi
Pembinaan  adalah usaha atau tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara berdaya guna untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Pembinaan koleksi (Collection building),  adalah kegiatan kerja perpustakaan yang berupa tugas menyediakan sumber informasi yang memberikan pelayanan informasi kepada pemakai sesuai dengan kebutuhan dan minatnya.
Pengembangan adalah upaya untuk meningkatkan segala sesuatu yang sudah di capai. Pengembangan koleksi (Development of libray collection),  merupakan serangkayan proses atau kegiatan yang bertujuan mempertemukan kebutuhan pemakai dengan rekaman informasi dalam lingkungan perpustakaan.
Menurut ALA Glossary of Library and Information Sciense (1983) pengembangan koleksi merupakan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan penentuan dan koordinasi kebijakan seleksi, menilai kebutuhan pemakai, studi pemakai koleksi, evaluasi koleksi, identifikasi kebutuhan koleksi, seleksi bahan pustaka, perencanaan kerjasama sumberdaya koleksi, pemeliharaan koleksi dan penyiangan koleksi perpustakaan.
Sedangkan menurut Prof DR Sulistyo Basuki pengertian pengembangan koleksi lebih di tekankan pada pemilihan buku. Pemilihan buku artinya memilih buku untuk perpustakaan. Pemilihan buku juga berarti proses menolak buku tertentu untuk perpustakaan.
B.     Syarat Pembinaan Dan Pengembangan Koleksi
1.      Minat dan kebutuhan pemakai perpustakaan
Setiap pribadi atau kelompok masyarakat mempunyai minat dan kebutuhan akan informasi yang berbeda satu sama lain. Setiap perpustakaan perlu mengetahui minat dan kebutuhan masyarakat yang dilayaninya sehingga perlu mengadakan survei lapangan.
2.      Dana dan sarana
Pembinaan koleksi memerlukan dana dan sarana, maka perpustakaan harus mempersiapkannya melalui perencanaan yang rinci, lengkap, dan sistematis.
3.      Prosedur dan tata kerja
Prosedur dan tatakerja telah di tentukan dalam perencanaan dan seyogyanya di bukukan dalam buku pedoman kerja perpustakaan.
4.      Laporan
Perpustakaan membuat laporan berkala untuk di serahkan kepada lembaga induk yang membawahinya
C.    Maksud Dan Tujuan Pembinaan Dan Pengembangan Koleksi
a.       Memenuhi kebutuhan informasi, Perpustakaan sebagai sumber informasi harus bisa memberikan suatu informasi atau koleksi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pemakai dan menyediakan fasilitas yang di perlukan dalam rangka menunjang pemenuhan kebutuhan informasi bagi pemustaka.
b.      Menjaga keseimbangan volume terbitan dan kebutuhan, perpustakaan harus dapat mengontrol bahan pustaka yang diterbitkan dan keseimbangan meliputi subjek atau bidang ilmu yang dicakup bahan pustaka di dalam koleksi perpustakaan. Untuk menentukan keseimbangannya bisa berdasarkan perbandingan antar jumlah individu kelompok pemakai yang dilayani dan pemakaian koleksi perpustakaan itu sendiri
c.       Menjaga kenyamanan akses koleksi/informasi, perpustakaan memberikan keleluasaan dan kemudahan dalam temu kembali informasi.
d.      Menjaga kelestarian informasi/life long usageInforamsi yang ada akan selalu terjaga dan setiap saat akan selalu dibutuhkan.
e.       Membantu proses pembelajaran, dengan adanya pengembangan dan pembinaan koleksi secara tak sadar pustakawan  telah belajar atau mengetahui informasi apa saja yang sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat pengguna.
f.       Membantu pelaksanaan riset, koleksi yang dikembangkan   mendukung terlaksananya riset/penelitian dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
g.      Membantu pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, dengan adanya pengembangan dan pembinaan koleksi, perpustakaan telah mampu memberikan pelayanan dan pengabdian yang lebih baik kepada masyarakat.
h.      Menyediakan bahan re-kreasi bagi masyarakat pengguna sebagai hiburan atau untuk mengisi waktu luang.
i.        Memenuhi kebutuhan penambahan matakuliah baru, perpustakaan mampu mengembangkan atau penambahan koleksi-koleksi baru pada perpustakaan sesuai dengan perkembaangan tiap Jurusan yang ada di Perguruan Tinggi.
j.        Membantu pembukaan program studi/jurusan/fakultas baru. Dengan adanya pembinaan dan pengembangan koleksi perpustakaan telah membantu dalam pemenuhan kebutuhan koleksi-koleksi dan membantu terealisasinya program studi/jurusan/fakultas baru.
k.      Menyediakan ”core reference materials” atau menyediakan  inti bahan-bahan referensi yang sesuai dengan bidang atau lembaga itu sendiri. Misalnya, Perpustakaan Kedokteran maka core referencenya adalah segala bahan-bahan inti referensi  tentang kedokteran.
l.        Membantu pelaksanaan akreditasi. Perpustakaan merupakan jantungnya perguruan tinggi. Jika pembinaan dan pengembangannya baik, maka perpustakaannya akan baik pula. Dan itu akan membantu pelaksanaan akreditasi pada perpustakaan tersebut.
m.    Membantu dalam penyusunan proposal. Perpustakaan menyediakan bahan-bahan rujukan dalam penyusunan proposal untuk pengajuan judul skripsi ataupun tesis.

D.    Prinsip Umum Pembinaan Dan Pengembangan Koleksi
Prinsip-prinsip yang perlu di perhatikan agar pembinaan dan pengembangan koleksi dapat di laksanakan degan efisien dan efektif adalah:
1.      Prinsip relevansi
Pembinaan koleksi seyogyanya relevan dengan tujuan perpustakaan. Karena setiap jenis perpustakaan mempunyai tujuan tersendiri yang berbeda satu sama lain, maka pembinaan koleksinya pun berbeda-beda.

2.      Prinsip individualisasi
Pembinaan koleksi hendaknya berorientasi pada minat dan kebutuhan pemakai secara secara individual atau pribadi agar dapat membantu perkembangannya.

3.      Prinsip kelengkapan
Koleksi perpustakaan di usahakan agar lengkap dan setiap jenis pustaka mendapat perhatian yang seimbang agar perawatan dan pemanfaatannya merata.

4.      Prinsip kemutakhiran
Bahan pustaka yang di himpun hendaknya di pilih yang mutakhir sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar pemakai dapat memperoleh informasi yang selalu sesuai dengan perkembangan zaman.

5.      Prinsip Kerja Sama
Hendaknya pembinaan koleksi adalah hasil dari kerja sama dari setiap pihak yang berkepentingan, baik usernya sendiri ataupun dari perpustakaan luar.










REFERENSI
Herlina, 2009, Manajemen Perpustakaan, Palembang : Grafika Telindo Press
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/PPM_TEKNIS%20PENGELOLAAN%20PERPUSTAKAAN%20SEKOLAH.pdf

1 komentar:

  1. kmren biz maen ke perpus IAIN, n bru tau disono ad jrusannya juga,
    Mo nanya kak, stelah lulus.. tittle ny ap tuh, kan di fakultas adab?
    Oiah, kta tmen yg di IAIN, mahasiswa ny lebih suka mngunjungi perpus Unsri dri pd perpus IAIN ny, alasannya sih kta ny koleksi ny kurang lengkap.. juga, pngunjung ny sdikit yahh..
    Satu lagi kak, btw jurusan ini dah berapa thun yahh??
    .
    Makasihh..

    BalasHapus